Deli Serdang

it-Information

OBJEK WISATA

Villa Impian Prima

Villa Impian Prima adalah sebuah kompleks perumahan berupa villa dengan bentuk bangunan artistik, terletak tidak jauh dari Camping Ground. Di lokasi perumahan tersebut tersedia beberapa sarana olahraga dan permainan ketangkasan bagi anak-anak, restoran dan kios pariwisata.

Retreat Center Suka Makmur

Lokasi ini juga berdekatan dengan Taman Pramuka. Pembangunan dan kegiatan yang ada disana secara umum adalah berupa kegiatan kerohanian antara lain seperti: panti asuhan, panti jompo serta taman dan sarana fasilitas yang ada seperti ruang pertemuan, penginapan, lapangan terbuka dengan berbagai macam taman yang dapat dilihat/dinikmati keindahannya disana.

Taman Hutan Wisata Sibolangit

Taman ini termasuk dalam kawasan Cagar Alam Sibolangit seluas 24,85 ha, berada + 37 km dari Medan kearah Berastagi dan + 57 km dari kota Lubuk Pakam. Terletak di Kabupaten Deli Serdang berdekatan dengan Kabupaten Karo dengan ketinggian 475-525 m di atas permukaan air laut.

Cagar alam ini ada sejak zaman Belanda. Dahulu Kebun Raya Sibolangit. Kebun ini dibuat pada tahun 1914 oleh JA. Lorzing atas prakarsa Dr. JC Koningsberger sebagai cabang Kebun Raya Bogor. Taman hutan wisata sebelumnya adalah kebun botani (tumbuh-tumbuhan) terletak di lereng pegunungan Bukit Barisan antara Sembahe dan lembah sekitarnya. Memiliki udara sejuk dan keistimewaan tersendiri yaitu perpaduan antara cuaca panas dan cuaca dingin. Jalan-jalan kecil antara jalan setapak merupakan lorong-lorong kecil antara pepohonan besar yang sangat menyenangkan di hutan hujan ini cocok untuk tempat pemberhentian sementara bagi turis sebelum melanjutkan perjalanan diantara pohon-pohon pakis raksasa dan pohon-pohon ditutupi lumut.

Para ahli Botani dengan mudah dapat menemukan berbagai hal yang menarik dari tumbuh-tumbuhan langka yang banyak tumbuh di taman ini selain adanya berbagai macam jenis bunga-bunga liar.

Pemandian Alam Sembahe

Jalan masuk ke pemandian alam ini mulanya adalah jalan negara Medan – Berastagi, kemudian setelah rusak jembatannya, Pemerintah Cq. Dinas PU Bina Marga meluruskan jalan ini ke hilir sungai. Setelah dipindahkan jalan dimaksud, kemudian ditatalah sungai ini menjadi tempat Pemandian Alam karena air sungai yang mengalir di sana sangat sejuk dan jernih serta panorama alamnya yang indah. Lokasi ini sangat diminati masyarakat umum dan hingga kini merupakan objek wisata alam yang paling ramai dikunjungi wisatawan.

Pemandian Alam Pulo Sari

Pemandian alam ini berada +16 km dari pusat kota Medan ke arah Berastagi. Tempat ini ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal untuk menikmati suasana pemandian sungai yang sejuk airnya dan jarak serta waktu tempuh menuju objek relatif tidak lama serta mudah dijangkau.
Selain objek pemandian alam banyak terdapat sarana penginapan/bungalow tempat peristirahatan serta lapangan golf juga tidak terlalu jauh dari lokasi pemandian alam ini. “Tuntungan  Golf”, kawasan ini cukup indah karena hamparan rumput yang ditata rapi sehingga lapangan ini menarik untuk berolahraga golf sambil bersantai. Lapangan golf memiliki 18 holes yang dilengkapi dangan sarana dan fasilitas lainnya yang dibutuhkan para pengunjung seperti : kamar ganti pakaian, kamar mandi, restoran, kamar istirahat dan musholla.

Martabe Golf

Lapangan Golf berada 24 km dari Medan ke arah Berastagi. Kawasan ini cukup indah bagaikan sebuah lembah dengan udara sejuk, sehingga pengunjung olahraga golf merasakan suasana kawasan yang merupakan tempat menarik untuk berolahraga sambil bersantai. Di tengah-tengah lapangan ini tersedia restoran, kamar mandi dan ganti pakaian serta kantor dan musholla.

Bagaimana cara mendapatkan objek wisata. Secara umum objek wisata di Deli Serdang dapat dibagi 3 berdasarkan topografi yakni dataran tinggi/pegunungan, dataran rendah dan pantai. Oleh karena itu banyak wisata pegunungan yang berada di dataran tinggi ini kita dapat kunjungi melalui kota Medan tepatnya dari daerah Padang Bulan Medan dengan menggunakan kenderaan pribadi, bus umum, mini bus dan kenderaan lainnya.

Pada umumnya lokasi objek wisata di daerah pegunungan ini berada di sekitar kiri/kanan Jalan Negara dari kota Medan ke arah kota turis Berastagi, Tanah Karo. Transportasi cukup baik seperti : bus umum Sinabung Jaya, Sutra, Serasi Boerneo dan minibus yang sangat banyak jumlahnya.

Pemandian Alam Pantai Sari Laba Biru Indah

Pantai Sari Laba Biru Indah berada di Kecamatan Sibiru-biru, jaraknya + 45 km dari Kota Lubuk Pakam dan + 25 km dari pusat Kota Medan. Pemandian sungai dengan panorama alam yang cukup indah, dikelilingi pepohonan dan air sungai yang jernih mengalir deras dan bersih sehingga objek wisata ini cocok sekali untuk tempat mandi-mandi dan santai. Fasilitas yang tersedia seperti warung-warung kecil dan pondok-pondok serta makanan dan minuman ringan.

Pemandian ALam Pantai Kasanova

Pemandian Alam Kasanova jaraknya + 28 km dari Kota Lubuk Pakam, sedangkan dari Kota Medan + 17 km. Pemandian Kasanova Sari Laba Biru Indah adalah aliran sungai Seruai yang deras melewati bebatuan dan rimbunnya pepohonan. Pemandian Sari Laba Biru Indah di bagian hulu dan Kasanova di bagian hilir sungai Seruai tersebut. Masing-masing berada di Kecamatan Sibiru-biru. Fasilitas yang tersedia juga tempat santai/pondok-pondok serta makanan/minuman ringan.

Pemandian Alam Lau Sigembur

Pemandian Alam ini berada di Desa Simada-mada Kecamatan STM Hilir, jaraknya + 31 km dari Kota Medan, + 28 km dari Kota Lubuk Pakam. Pemandian ini dengan aliran sungai Belumai yang masih alami, dikelilingi hutan yang rindang dan udara yang sejuk. Tempat ini sangat ideal untuk tempat berkemah, santai karena suasana objek ini sangat menyatu dengan alam lingkungan sekitarnya. Fasilitas yang ada relatif minim sekali.

Objek Wisata Gua dan Air Panas Penen

Di kawasan ini terdapat 4 (empat) gua alam yang berbentuk kerang dengan lebar mulutnya 10 s/d 25 m. Air  panas Penen pada mulanya dipergunakan penduduk setempat sebagai irigasi persawahan di sekitarnya, kemudian penduduk membuat pancuran untuk mandi. Selanjutnya objek ini dikembangkan lebih permanen dengan penataan yang lebih baik dan peruntukan tempat mandi pria dan wanita yang secara terpisah.

Suhu air cukup panas 45o Celcius yang mengandung zat belerang, sehingga airnya cocok sekali buat mandi untuk kesehatan kulit. Jaraknya + 63 km dari Kota Lubuk Pakam sedangkan dari Kota Medan + 45 km.

Pemandian Bendungan Namurambe

Panorama alam yang indah menarik minat wisatawan berkunjung ke Bendungan Namorambe ini untuk bersenang-senang menikmati pemandangan yang indah, mandi-mandi di aliran sungai yang airnya jernih dan sejuk serta menikmati makanan dan minuman ringan yang tersedia disana. Pada awalnya objek ini adalah merupakan bangunan pemerintah untuk mengairi persawahan masyarakat sekitarnya. Kemudian secara perlahan banyak orang berkunjung kesana pada hari Minggu dan hari libur/besar, karena jaraknya relatif tidak terlalu jauh dari pusat keramaian seperti Kota Medan.

Pemandian Alam Loknya

Pemandian ini terletak tidak jauh di sekitar Camping Ground yang merupakan aliran sungai dengan air terjun yang tidak terlalu besar, sangat cocok sebagai tempat rekreasi di alam terbuka dan dapat menikmati fasilitas yang ada disana, duduk-duduk di pondok, mandi-mandi di sungai dan lain-lain bersama-sama dengan keluarga.

Taman Rekreasi Dewi Sibolangit

Taman ini mulai dibangun pada tanggal 7 Maret 1996 dikerjakan selama 1 tahun dan selanjutnya dibuka secara bertahap. Taman ini diresmikan dan beroperasi setelah pembangunan tahap pertama pada tanggal 7 Maret 1997. Taman ini dibangunoleh pemilik bernama Hasan Hasanuddin. Taman ini dikatakan unik karena bangunannya banyak diilhami oleh ide-ide/kreasi pemiliknya yang bersifat religi dan berpendidikan (education).

Ide/kreasi pembangunan taman tersebut diwujudkan dari pengalaman perjalanan wisata pemiliknya baik dalam negeri maupun luar negeri sehingga apa yang disajikan sangat menarik dan tidak membosankan. Taman rekreasi Sibolangit juga telah mendapat penghargaan ditingkat nasional sebagai objek wisata yang bernuansa lingkungan.

Taman Pramuka

Taman Pramuka atau yang lebih dikenal dengan sebutan Camping Ground, jaraknya + 63 km dari kota Lubuk Pakam, sebagai Ibukota Kabupaten Deli Serdang sedangkan dari kota Medan + 45 km sebagai Ibukota Provinsi Sumatera Utara. Taman Pramuka ini berada di daerah pegunungan di Kecamatan Sibolangit yang luasnya + 350 ha. Objek ini sangat ideal untuk tempat berekreasi selain camping untuk menghilangkan segala kepenatan jiwa dan pengaruh polusi di kota besar seperti kota Medan pada waktu hari-hari besar dan libur.

Fasilitas yang diperlukan pengunjung seperti penginapan, restoran/rumah makan dan tempat-tempat rekreasi lainnya juga ada disekitar taman ini seperti Bandar Baru, Taman Rekreasi Dewi, Pemandian Alam Loknya, Villa Impian Prima dan Retreat Centre.

1 Response so far »

  1. 1

    Taman Prasi said,

    Di Kecamatan Sibolangit Kabupaten Deli Serdang, masih banyak Objek Wisata yang belum tersentuh, Contohnya : Air Panas Alami dengan kandungan belerang di Desa Nageri Suah, Air Terjun (Sampuren) Putih, Lau (Sungei) Seruai yang dapat dijadikan tempat pemandian alami maupun arung jeram. Kalau mau ke tempat tersebut dapat masuk melalui Simpang Bukum Bandar Baru, Sibolangit, kira-kira 15 km dari jalan besar. Mudah-mudahan Pemkab Deli Serdang ataupun investor dapat mengelola objek wisata tersebut sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitarnya. Desa Buluh Awar merupakan tempat wisata rohani, yaitu tempat berdirinya Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) atau masuknya Injil Pertama sekali ke daerah karo, yaitu tahun 1884.


Comment RSS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: