Humbahas

it-information

OBJEK WISATA

Kini objek wisata Sipinsur yang terletak di Desa Pearung, Kecamatan Paranginan, Kabupaten Humbahas semakin menjanjikan dan sudah menjadi idola pengunjung. Dimana wisata alam itu sudah dilengkapi sarana permainan anak-anak. Bahkan belum lama ini Tim DPOD Depdagri dan Ketua Umum Panitia Pembentukan Propinsi Tapanuli Ir GM Chandra Panggabean dan Rooslynda Marpaung sudah berkunjung dan meninjau lokasi wisata tersebut.

Demikian disampaikan masyarakat setempat RH Siregar SH didampingi mantan kepala desa Pearung Torang Siregar kepada SIB, Kamis (16/10) di lokasi wisata itu.
Kedua putra daerah itu menambahkan, saat tamu khusus itu berkunjung ke Sipinsur didampingi Bupati Humbahas Drs Maddin Sihombing MSi, Kapolres AKBP Surya Sofian Hadi SH, Ketua LADN Humbahas TNI Nainggolan dan lainnya. Di hadapan Tim DPOD, Maddin mengatakan bahwa pembangunan tangga dari Sipinsur menuju Kecamatan Muara Taput sudah dimulai beberapa tahun lalu.

Berbagai kegiatan Pemkab Humbahas sering dilaksanakan di Sipinsur bahkan bila ada tamu dari luar Sumatera Utara selalu dibawa berkunjung untuk melihat keindahan Danau Toba dan Pulau Sibandang. Karena dari lokasi itu dapat dilihat dengan jelas Pulau Sibandang dan Danau Toba. Bila pengunjung berada di Sipinsur dapat melihat kapal-kapal kecil yang lalu lalang sehingga suasana semakin sejuk ditambah alam yang indah. Pembangunan di wisata itu semakin tahun bertambah, dimana di lokasi yang arealnya seluas 2 hektar sudah dibentuk jalan keliling terbuat dari paving blok. Namun perlu diketahui masyarakat, bahwa jalan itu tidak boleh dilintasi sepeda motor atau sejenisnya tapi hanya dipergunakan untuk berjalan kaki sambil bersantai.

Bahkan ada informasi, di lokasi itu akan dibangun Tugu Pahlawan Nasional Melanton Siregar sebagai daerah kelahirannya. Jalan menuju wisata Sipinsur, selama ini hanya dari jalur Kecamatan Lintongnihuta namun saat ini sudah bisa jalur Paranginan dengan kondisi jalan aspal. Menuju lokasi dari kawasan Bandara Silangit hanya hitungan menit. Para pengunjung tidak perlu khawatir mengenai “urusan perut” karena dilokasi itu sudah dibuka kantin khususnya Sabtu dan Minggu menyajikan makanan dan minuman ringan

Adapun beberapa daerah wisata yang patut di kunjungi di kebupaten Humbahas adalah sebagai berikut :


1.Situs Lobu Tua
Situs ini mempunyai nilai sejarah dan purbakala yang bernilai sangat tinggi dengan umur 800 tahun. Dipastikan apabila situs ini dipugar dengan beberapa penjelasan sejarah akan bernilai baik dan mengundang ketertarikan turis lokal maupun mancanegara. Di lokasi ini pula terdapat Istana Guru Marsakkot, Raja pertama di Lobu Tua.

2.Makam Mahligai
Sebuah Makam yang diyakini telah berumur 1200 tahun. Ada yang mengatakan bahwa makam ini merupakan makam orang Batak pertama yang menyebarkan Islam di tanah Batak. Namun ada juga pendapat bahwa makam tersebut adalah makam komunitas Bugis yang berprofesi sebagai saudagar di Barus. Namun melihat pemakaman tersebut adalah sebuah kompleks, maka mungkin saja orang Batak dan Bugis dikuburkan di sana secara bersamaan.

3.Istana Alang Pardosi di Gotting Tukka, Humbahas
Istana ini terletak di Gotting, Tukka, Pakkat Humbahas. Sebuah istana yang diyakini sebuah istana zaman pra-Islam antara abad 2-6 M. Alang Pardosi merupakan tokoh yang sangat dihormati dalam sejarah Batak. Dari istana ini juga memerintah keturunan Alang Pardosi yang paling disegani saat itu bernama Raja Tuktung.

4.Istana Kesultanan Barus
Istana Kesultanan Dinasti Pardosi/Pohan terletak di pinggir jalan yang melintasi dataran rendah melalui Kampung Barus Mudik. Istananya dari kayu disebut Gedung Putih, sekarang istana tersebut sudah hilang terbawa arus deras sungai pada waktu terjadi banjir besar. Masih terlihat sisa-sisa benteng tanah di tiga sisi kampungnya atau dahulu merupakan ibu kota Dinasti Kesultanan tersebut.

Tidak akan bisa dipungkiri betapa situs ini akan sangat berharga dan banyak dikunjungi turis bila dipugar. Situs ini berumur 700-900 tahun.

5.Bendungan Kuno Portibi
Sebuah bendungan kuno raksasa yang terdapat di desa Aloban (rura Sitobu). Bendungan ini berukuran panjang hempangan sekitar 150 meter, lebar di bawah sekitar 15 m, sedang di atasnya masih tersisa sekitar 7 meter. Berhubungan dengan bendungan tersebut terdapat juga bendungan ukuran sedang di Sihaborgoan. Kedua bendungan tersebut tidak lagi diketahui oleh masyarakat sejarahnya karena diperkirakan seumur dengan candi-candi tersebut. Diduga bendungan yang dibangun masyarakat tambang Batak tersebut dihancurkan oleh Rajendra Cola saat akan menjajah wilayah tersebut. Perusakan tersebut ditujukan untuk memonopoli sistem pertambangan. Usianya lebih dari 1000 tahun sebelum kedatangan Rajendra Cola.

6.Mesjid di Porsea (Uluan)
Didirikan oleh komunitas saudagar kuno marga Marpaung pada tahun 1450. Usianya sekitar 700 tahun. Situs ini menyimpan nilai sejarah yang tinggi karena menjadi pusat perekonomian Batak kuno.

7.Mesjid Silindung
Sebuah Mesjid yang didirikan oleh Marga Hutagalung di Kampung Horian, Silindung pada tahun 1513. Umur mesjid ini diperkirakan 600 tahun.

8.Mesjid di Bakkara
Didirikan oleh orang-orang Batak saat menyambut Sultan Ibrahimsyah Pasaribu dengan seribu pengikutnya yang datang dari Kerajaan Tarusan. Mesjid tersebut akhirnya dijaga oleh istri Sultan yang dinikasi dari putri raja lokal ketika Sultan akhirnya memilih untuk pergi ke Barus.Mesjid ini diperkirakan dibangun pada tahun 1550 sehingga umurnya sekitar 500 tahun. Hasil perkawinan tersebut diriwayatkan menjadi Raja Batak yang sangat terkenal. Lihat: Kumpulan Naskah Barus, dijilid dan disimpan di Bagian Naskah Museum Nasional Jakarta dengan No. ML 16. Dalam Katalogus van Ronkel naskah ini yang disebut Bat. Gen. 162, dikatakan berjudul “Asal Toeroenan Radja Barus”. Seksi Jawi pertama berjudul “Sarakatah Surat Catera Asal Keturunan Raja Dalam Negeri Barus dan Sejarah Tuanku Badan (Tambo Barus Hilir) yang menceritakan silsilah kerajaan Hatorusan di Barus.

9.Pearaja Parlilitan
Merupakan ibukota kedua Sisingamangaraja dan pusat perlawanan Sisingamangaraja kontra Belanda

10.Istana Tuanku Dorong Hutagalung di Sibolga
Sebuah kerajaan Siboga yang didirikan tahun 1700-an.

11.Sianjur Mula-mula
Yang didalamya terdapat banyak situs sejarah seperti Istana Sorimangaraja (Sagala), Istana Jonggi Manaor dan Istana Tuanku Sultan Marah Laut Pasaribu.

12.Lae Toras di Tarabintang dan Lain-lain
Pusat persulukan di Tanah Batak. Di wilayah yang dulu menjadi pusat persulukan yang banyak berperan dalam peradaban Batak disamping menjadi kekuatan anti penjajahn, telah berdiri sebuah mesjid yang terbuat dari rumbia yang diperkirakan segera akan runtuh apabila tidak dipugar. Mesjid ini sekarang ini dipimpin oleh seorang Malim marga Simbolon.

http://it-check.blogspot.com

2 thoughts on “Humbahas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s