Sibolga

it-information

OBJEK WISATA

Coming Soon

Multi Etnik
Secara umum mungkin banyak masyarakat yang belum mengetahui Sibolga,mengenai Siapa sesungguhnya yang mendiami kota Sibolga.

Penduduk Sibolga khususnya dan kawasan Tapanuli Tengah umumnya terdiri dari berbagai etnik yang sejak lama mendiami tempat ini, mereka adalah :
– Batak
– Melayu – Minang Kabau
– Bugis
– Aceh
– Nias

 

SEJARAH

Teluk Tapian Nauli Dalam Peran Sejarah

Secara pasti tidak dapat diketahui sejak kapan bumi Teluk Tapian Nauli (TTL) di huni oleh manusia. Namun berdasarakan sejarah, diprakirakan sejak tahun 1500 sudah terjadi hubungan dagang antara para penghuni TTL dengan dunia luar yang paling jauh yakni negeri orang SUJARAT dan pendatang dari negeri asing seperti MESIR, SIAM, TIONGKOK dan sebagainya.

Para golongan terkemuka TTL juga telah dikenal di MESOPOTAMIA, paling tidak dari sejarah lisan yang
di sampaikan oleh saudagar ARAB.

Tercatat pula bahwa pada tahun 1500 tersebut, pelaut PORTUGIS telah hilir mudik untuk membawa
hasil bumi TTL ke Eropah. Di kala itu, mata uang PORTUGIS sangat memegang peranan penting dalam proses perdagangan di TTL, selain mengenal mata uang asing masyarakat TTL telah memulai system perdagangan modern.

Peranan TTL Sebagai Pangkalan Persinggahan dan Pelabuhan dagang semakin dikukuhkan ketika BELANDA dan INGGRIS memasuki wilayah tersebut. Kapal BELANDA di bawah pimpinan GERARD DE ROIJ Datang ke Pantai Barat Sumatera – Teluk Tapian Nauli pada tahun 1601 sedangkan INGGGRIS memasuki wilayah tersebut pada tahun 1755.

Masyarakat Dan Kebudayaan

Dunia Kelautan mewarnai corak kehidupan masyarakat & kebudayaan di Teluk Tapian Nauli.
Dari tata cara berpakaian, ekonomi dan mata pencaharian yang di geluti sehari – hari, sistem teknologi, sistem ilmu pengetahuan, ilmu sosial dan organisasi sosial serta bahasa yang dipergunakan sangat jelas menggambarkan keterikatan mereka dengan dunia laut.

Keindahan pulaU, riak gelombang, kerap menjadi sumber inspirasi mereka dalam berkesenian atau melakukan upacara perkawinan, berpantun atau bertalibun lebih sering menggambarkan bagaimana kecintaan mereka terhadap dunia kebaharian itu.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s